Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Agustus 2009

Latihan-Simulasi Tanggap Bencana

Untuk mengatisipasi bencana alam yang sering terjadi terutama gempa bumi, siswa-siswi bersama guru-guru mengadakan latihan penanganan bencana alam gempa bumi. Latihan ini diselenggarakan serempak seluruh kelas, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SDN 1 Linggasari, diikuti pula oleh TK Perwari yang kebetulan kini kelasnya bergabung sementara waktu dengan SD, karena bangunannya sedang direhabilitasi.

Simulasi/latihan penanganan gempa bumi ini dimulai pada jam 09.00 ketika siswa-siswi sedang melaksanakan kegiatan belajar. Tanda terjadinya gempa yakni dengan berbunyikannya bell selama 30 detik, saat itu pula langsung siswa-siswi dengan dipimpin guru berlingdung di bawah meja selama beberapa saat. Setelah dinyatakan gempa berhenti semua siswa diminta keluar ruangan kelas berbaris secara tertib dengan membawa tas masing-masing yang dipanggul di atas kepala, maksudnya adalah untuk melindungi kepala. Kemudian siswa berkumpul seluruhnya di lapangan sekolah yang terbuka dan jauh dari dinding yang dikhawatirkan akan runtuh apabila ada gempa susulan.

Latihan/simulasi penanganan gempa bumi secara periodic harus dilatihkan kepada siswa dan guru, agar apabila terjadi gempa yang sesungguhnya siswa maupun guru tidak panic, dan terampil untuk melindungi diri dan terhindar dari cedera ataupun akibat fatal.

1 komentar:

  1. Untuk mendapatkan peraga gempa bumi dan tsunami, silahkan klik http://sd-cedu.blogspot.com/2010/07/bumi-yang-kita-pijak-ternyata.html

    BalasHapus