Total Tayangan Halaman

Rabu, 16 September 2009

Diklat KTSP Regional IV Jawa Barat 2009












Sesuai Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standard isi bahwa pelaksanaan dan implementasi KTSP sudah harus dilaksanakan paling lambat tahun pelajaran 2009/2010 oleh semua satuan pendidikan/sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut Direktorat Pembinaan TK/SD menyelenggarakan Diklat KTSP yang dilaksanakan di Hotel Garden Permata Hotel, Bandung, untuk regional Jawa Barat IV. . Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 5-7 September 2009. Diklat ini diikuti 3 propinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Masing-masing propinsi mengutus setiap kabupaten sebanyak 5 orang peserta yakni 1 orang Kasi Kurikulum Kabupaten/Kota, 1 orang Pengawas TK/SD Kab/Kota, 1 orang Kepala Sekolah, dan 2 orang guru.

Materi Diklat meliputi Pre dan post test mengenai penguasaan KTSP, Peningkatan Mutu Pendidikan, KTSP di SD, MBS di SD, Standar Nasional Pendidikan, Penyusunan RKT-RKS, PAKEM di SD, Pembelajaran Tematik, Penilaian, Review Dokumen 1 dan 2 KTSP, dan Action Plan.

Nara sumber yang memberikan materi merupakan para pakar yang benar-benar menguasai materi berasal dari Direktorat Pembinaan TK/SD, seperti Dr. Dewi U Faizah Kasi Penilaian SD (beliau penulis buku “ANAK-ANAK YANG DIGEGAS”), Tim DBE Pusat, dan Prof. Djaali (dari BNSP).

Delegasi Pendidikan dan Latihan KTSP dari Kabupaten Ciamis diwakili oleh 5 peserta yakni : Drs.H. Anto Risyanto,M.Pd (Kasi Kurikulum Dikdas), Dr.Nono Mulyono (Pengawas TK/SD), Ruhimat,S.Pd,M.Pd (Kepala Sekolah), Mamat Slamet,S.Pd (Guru SDN1 Linggasari Kec.Ciamis), dan Titin Priatin,S.Pd (Guru SDN 2 Kec. Cimaragas).

Meski kegiatan Diklat dilaksanakan pada bulan Ramadhan ketika sebagian besar peserta sedang menjalankan ibadah puasa, namun seluruh peserta mengikuti semua program dengan penuh perhatian dan semangat yang tinggi. Diklat ditutup oleh Kasubdit Pembelajaran Drs.Didik Prangbakat,M.Pd yang memberikan rieview pelatihan dan materi dengan gamblang dan mendalam sehingga akhir kegiatan begitu bermakna karena penjelas yang beliau sampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar